Jumat, 31 Mei 2013

Pengertian Sumber Belajar

A.       Pengertian Sumber Belajar By Design
Pada dasarnya sumber belajar adalah semua potensi yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun untuk mengembangkan kemampuan seseorang, atau megembangkan proses belajar seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dapat diketahui bahwa sumber belajar merupakan salah satu komponen system instruksional yang dapat berupa: pesan, orang, bahan, peralatan dan latar (lingkungan).
Sumber belajar yang sengaja direncanakan (by design) yaitu semua sumber belajar yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen system instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal. Dan juga sumber belajar by design merupakan sumber belajar yang dibuat secara sengaja yang dibuat untuk keperluan belajar. Contohnya adalah buku pelajaran, modul,dll.

B.       Pengertian Sumber Belajar By Utilization
Sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization) yaitu sumber belajar yang tidak secara khusus didesain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan digunakan untuk keperluan belajar. Contohnya adalah kebun binatang, tokoh agama, tokoh masyarakat, surat kabar, museum, film, tenaga ahli,pejabat pemerintah, dll.
Mengingat begitu luasnya sumber belajar, maka perencanaan yang matang mesti dilakukan. Beberapa sumber belajar yang dapat dipertimbangkan untuk dimanfaatkan adalah:
1.           Perpustakaan
Selama ini perpustakaan disekolah hanya sebagai pelengkap. Padahal keberadaannya sangat penting sebagai salah satu sumber belajar. Perpustakaan dapat digunakan sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan, meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa, sarana pencarian pengetahuan/informasi dan perpustakaan pun dapat digunakan sebagai tempat diskusi, ajang bertukar pikiran antara kelompok belajar. Oleh karena itu sebuah perpustakaan  harus memnuhi persyaratan minimal yang meliputi: perpustakaan dikelola secara baik, tersedianya literature (sumber bacaan) baik berupa buku pelajaran, berbagai bacaan, majalah, kamus dll, memiliki ruang atau tempat yang memadai dan nyaman sehingga siswa betah berlama-lama diperpustakaan, kemudahan siswa untuk memanfaatkan segala fasilitas yang ada di perpustakaan untuk menunjang proses pembelajaran.
2.           Media belajar/Alat peraga
Media belajar yang dimaksud adalah berbagai alat, bahan yang bias digunakan untuk membantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Media tersebut baik dibuat sendiri maupun karya orang lain. Berbagai media yang ada perlu digunakan secara optimal dan tentu saja harus dipelihara dan dijaga kelayakannya. Media yang telah rusak segera diperbaiki bahkan diganti. Media yang belum ada dan sekiranya berguna perlu dipikirkan untuk dimiliki, dengan cara membeli atau mengajukan bantuan.
Media yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki terutama media elektronik (produk teknologi komunikasi). Biasanya dengan menggunakan media seperti ini pembelajaran akan lebih hidup dan siswa pun lebih antusias mengikutinya.
3.         Majalah dinding
Sumber belajar ini layak dipertimbangkan terutama bagi pembelajaran bahasa Indonesia/inggris. Madding dapat menjadi sarana penyebar informasi atau pengetahuan dari hasil karya siswa baik berupa karangan, puisi, cerpen dll. Disamping itu madding bisa menjadi motivasi bagi siswa untuk senang membaca, terdorong berkarya sekaligus bias saling belajar atau menilai antar karya satu dengan yang lainnya.
Dalam pengelolaanya perlu bimbingan dan pembinaan dari guru terutama guru bahasa. Sedangkan dalam pelaksanaannya bias dibentuk sebuah pengurus madding ditiap kelas atau tingkat sekolah. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola madding secara baik dan berkesinambungan.
Disamping memanfaatkan sumber belajar yang ada, guru dituntut untuk mencari dan merencanakan sumber belajar lainnya baik hasil rancangan sendiri ataupun sumber yang sudah ada di sekeliling sekolah dan masyarakat.
              Sumber belajar yang dapatdimanfaatkan dan berada di masyarakat misalnya:
Ø  Mengunjungi museum sesuai dengan materi (museum uang, museum sejarah atau museum hewan)
Ø  Study tour mengunjungi gedung geologi, lembaga pemasyarakatan atau lembaga pemerintahan
Ø  Mengunjungi tempat ibadah, pasar, mal (tempat belanja)
Ø  Mendatangkan tokoh untuk diskusi (polisi dan dokter membahas narkoba, anggota DPR membahas pemerintahan daerah dll)

C.       Macam-macam Sumber Belajar
Ada beberapa sumber belajar diantaranya yaitu : 
1.         Pesan: informasi yang akan disampaikan dalam bentuk ide, fakta, makna dan data.
2.         Manusia: orang-orang yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah dan penyalur pesan. 
3.         Bahan media software: perangkat lunak yang biasanya berisi pesan.
4.         Peralatan hardware: perangkat keras yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang terdapat dalam bahan.
5.         Teknik: prosedur atau langkah-langkah tertentu dalam menggunkan bahan, peralatan, lingkungan, dan orang untuk menyampaikan pesan.
6.         Latar: lingkungan dimana pesan itu diterima oleh pembelajar.

D.      Tujuan dan Fungsi Sumber Belajar
Penggunaan sumber belajar bertujuan untuk:
1.           Menambah wawasan pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru.
2.           Mencegah verbalistis bagi siswa.
3.           Mengajak siswa ke dunia nyata.
4.            Mengembangkan proses belajar mengajar yang menarik
5.            Mengembangkan berpikir divergent pada siswa.
Pemanfaatan sumber belajar sudah tentu akan menambah wawasan pengetahuan siswa. Melalui sumber belajar, pemahaman siswa mengenai suatu materi pelajaran akan bertambah. Hal tersebut sekaligus akan mencegah verbalistis bagi siswa. Dengan pemanfaatan sumber belajar maka siswa tidak hanya mengetahui materi pelajaran dalam bentuk kata-kata saja, namun secara komprehensif akan mengetahui substansi dari yang dipelajari.
Sumber belajar juga bertujuan mengajak siswa ke dunia nyata. Dalam pengertian, siswa tidak hanya berada dalam bayangan-bayangan suatu materi akan tetapi melalui sumber belajar siswa langsung dihadapkan ke dunia nyata, yaitu suatu situasi yang berhubungan  langsung dengan materi pelajaran.
Pemanfaatan sumber belajar juga bertujuan mengembangkan proses belajar mengajar yang menarik. Dalam pengertian, melalui pemanfaatn sumber belajaar sudah tentu proses belajar mengajar lebih aktif dan interaktif. Hal menarik yang dapat dijumpai ketika guru memanfaatkan sumber belajar adalah adanya interaksi banyak arah, yakni antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan guru.
Pengalaman dan pengetahuan siswa akan materi pelajaran yang dipelajari merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, keberadaan sumber belajar berfungsi untuk mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa. Melalui pemanfaatan sumber belajar, maka pengalaman dan pengetahuan siswa akan lebih berkembang.
Adapun fungsi sumber belajar sebagai berikut:
1.      Sarana mengembangkan keterampilan memproses perolehan
2.      Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan
3.      Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa
4.      Membuat proses belajar mengajar lebih bermakna
Keterampilan memproses perolehan mengacu pada susuatu yang dapat diperoleh ketika guru memanfaatkan sumber belajar. Oleh karena itu, fungsi sumber belajar sebagai sarana mengembangkan keterampilan memproseskan perolehan berhubungan dengan aktifitas guru dalam memanfaatkan sumber belajar. Dalam pengertian, ketika guru memanfaatkan sumber belajar sudah tentu harus ada sesuatu yang dapat diperoleh oleh siswa.
Fungsi sumber belajar lainnya adalah mengeratkan hubungan siswa dengan lingkungan. Hal tersebut berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar yang dilakukan guru, semakin guru memanfaatkan sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitar maka siswa semakin dekat dengan lingkungan.
Fungsi sumber belajar yang membuat proses belajar mengajar lebih bermakna, berhubungan dengan aktivitas guru dalam memanfaatkan sumber belajar. Melalui pemanfaatan sumber belajar yang tepat, maka guru dapat membuat proses belajar mengajar lebih bermakna. Artinya guru mampu mengelola proses belajar mengajar yanga berpusat pada siswa, bukan proses belajar mengajar yang berpusat pada guru. 



1 komentar: